Jumat, 18 Januari 2013

Mengenai Jaringan Komputer


kali ini saya akan membahas tentang jaringan komputer yang biasa kita gunakan,,
jaringan komputer adalah hubungan dua buah simpul umumnya berupa komponen atau yang lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras, bahkan berbagai kekuatan pemrosesan.

·         BERBAGAI PERANGKAT KERAS
Perangkat keras semacam hard disk, printer, CD-ROM drive, dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah computer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup di pasang pada sebuah computer atau di hubungkan ke suatuperalatan khusus dan sebuah komputer dapat dapt mengaksesnya. Cara seperti ini dapat menghemat biaya.

·         BERBAGAI PROGRAM ATAU DATA
Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah computer yang bertindak sebagai sebuah server yang melayani computer-komputer yang akan membutuhkan data atau program. Cara seperti ini dapat memungkinkan sebuah perusahaan membeli sebuah perangkat lunak seperti pengelolah kata dan dipasang di server. Lalu, semua orang yang memerlukannya dapat mengakses program tersebut. Penempatan data pada sebuah server juga memberikan keuntungan : antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan. Data disimpan secara terpusat pada sebuah computer bukan pada setiap computer pemakai sehingga tidak terjadi duplikasi data.

·         MENDUKUNG KECEPATAN BERKOMUNIKASI
Dengan adanya dukungan jaringan computer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai computer dapat mengiimkan surat elektronis dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan(chatting) ataupun telekonfrensi.

·         MEMUDAHKAN PENGAKSESAN INFORMASI
Jaringan computer memudahkan pengaksesan informasi. Seseorang dapat berpergian kemana saja dan tetap bias dapat mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan internet, salah satu implementasi jaringan terbesar di dunia memungkinkan seluruh informasi yang ada di dunia dapata dengan mudah  didapatkan. Siapapun yang dapat membaca berita tentang hari ini, hasil riset, atau bahkan catalog-katalog yang berisi barang.

sekian dan terima kasih..
wassalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar